Resep Martabak Manis Tanpa Ragi Instan Cara Pembuatannya

 

Resep martabak manis tanpa ragi apa sih bedanya yang jelas kalau di lihat dari hasilnya pastinya tidaklah jauh berbeda namun dari segi bahan pastinya ada sedikit yang di kurangi, ya sesuai judul tanpa ragi jadi pasti yang berkurang di menu kali ini adalah dengan menghilangkan salah satu bahan yang biasanya hadir di menu martabak, namun dari segi rasa pastinya tidak lah jauh berbeda, mungkin sebelumnya Anda pernah membuat martabak manis yang menggunakan ragi entah itu resep martabak terang bulan, atau resep martabak manis lainnya, nah jika Anda penasaran dengan menu martabak tanpa ragi mungkin dengan resep di bawah ini Anda bisa membuatnya sendiri, kenapa harus membuatnya sendiri, arena jika mengandalkan membeli yang sudah jadi kita tidak tahu pastinya apakah martabak yang kita beli itu menggunakan ragi atau tidak, jadi jika kita sendiri yang membuatnya pastinya kita sendiri yang menentukan, ok langsung saja.

Resep Martabak Manis Tanpa Ragi

Berikut Resep Martabak Manis Tanpa Ragi Kesukaan Anda:


300 gram tepung terigu.
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk/ esens vanili
4 sdm gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt soda kue/baking soda
250 ml susu cair

Gula secukupnya, untuk taburan
Margarin, untuk di jadikan olesan
Pisang,selai coklat, meises coklat, keju cheddar parut, kacang atau buah-buahan/susu kental manis, untuk di jadikan topping.

Cara membuat martabak manis mini tanpa ragi:


Pertama-tama campurkan tepung terigu, garam, vanili pada wadah yang kering. Sisihkan.
Pada wadah lain, kocok telur dengan gula pasir bisa menggunakan mikser atur dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih sampai 5 menit hingga adonan telur terlihat berwarna putih pucat.
Selanjutnya kurangi kecepatan mikser terlebih dahulu lalu masukkan susu cair dan terigu secara bergantian ke dalam adonan telur tadi hingga semua bahan tercampur rata.
Langkah terakhir masukkan baking soda/soda kue, aduk rata bahan tadi lalu matikan dahulu mikser.
Tutup wadah yang berisi adonan dan diamkan selama kurang lebih satu jam.
Setelah 1 jam, yang harus di persiapkan adalah wajan anti lengket dengan ukuran kurang lebih 20 cm. Panaskan di atas api dengan api ukuran sedang.
Tuang adonan ke dalam wajan secukupnya, kecilkan api dahulu. Tutup wajan dan tunggu adonan menjadi masak hingga muncul banyak pori yang keluar pada permukaan martabak.
Jika sudah muncul banyak pori pada permukaan martabak saatnya taburkan gula pasir sesuai selera di atas permukaan martabak, dan tutup kembali wajan hingga adonan benar-benar matang.
Setelah martabak benar-benar matang dan permukaannya telah berubah warna menjadi warna kecoklatan, angkat martabak tersebut.
Selagi masih panas, oleskan margarin di atasnya. setelah itu, taburkan topping secukupnya sesuai selera. Dan lipat martabak kemudian potong-potong menjadi beberapa potongan. Sajikan.

Selesai sudah tahap tahapnya, sekarang Anda tinggal menikmati buah karya tangan Anda.
Martabak manis cocok juga bila di jadikan makanan penutup, apalagi di cuaca dingin, namun martabak manis ini juga sangat pas bila disantap ketika perut kita tengah lapar.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan untuk resep martabak manis tanpa ragi. terima kasih.
Resep Martabak Manis Tanpa Ragi Instan Cara Pembuatannya 4.5 5 Unknown Resep martabak manis tanpa ragi apa sih bedanya yang jelas kalau di lihat dari hasilnya pastinya tidaklah jauh berbeda namun dari segi baha...


No comments:

Post a Comment